Menu

Thursday, August 14, 2014

Taman Kupu-Kupu Bali, Objek Wisata Rekreasi dan Mendidik

Satu-satunya objek wisata kebun binatang yang ada di Indonesia yang khusus melestarikan kupu-kupu adalah Taman Kupu-Kupu Bali atau sering disebut Bali Butterfly Park. Taman Kupu-Kupu Bali di bangun tahun 1996 dan dikelola oleh PT. Kupu-Kupu Taman Lestari.







Taman Kupu-Kupu Bali merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Bali bahkan kebanyakan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini karena di tempat mereka sangat susah untuk menemukan kupu-kupu seperti di Indonesia. Selain sebagai objek wisata, tempat ini juga sebagai tempat penangkaran dan perkembangbiakan kupu-kupu untuk keperluan pendidikan dan penelitian. Berbagai jenis kupu-kupu yang hidup di tempat dengan netting area (ruangan tertutup jaring) ini seperti kupu-kupu barong, kupu-kupu sayap burung sorga, priamus dan jenis yang lainnya. 
Kupu-kupu di tempat ini dikembalikan ke alamnya setiap satu bulan sekali dengan jumlah minimal 3500 ekor. Selain itu, Taman Kupu-Kupu Bali membuat kerajinan yang terbuat dari berbagai macam serangga, seperti bingkai isi kupu-kupu, bingkai isi kumbang, gantungan kunci dari serangga. 

Sesuai dengan namanya, Taman Kupu-Kupu ini memiliki taman yang sangat luas dan indah yang menambah keistimewaan objek wisata ini dimata pengunjung. Sehingga sangat cocok untuk rekreasi keluarga sekaligus mendidik dengan mengetahui siklus hidup dari berbagai jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia.

Taman Kupu-Kupu Bali yang memiliki luas 1 hektar ini berlokasi di Jalan Batukaru, Wanasari, Kabupaten Tabanan, sekitar 7 kilometer dari  pusat kota Tabanan. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai diperlukan waktu sekitar 75 menit untuk mencapai tempat ini. 



Tiket Masuk Taman Kupu-Kupu Bali
Dewasa
Rp 75.000
Anak-Anak
Rp 37.500



No comments:

Post a Comment