Menu

Friday, March 23, 2018

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana



Objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau terkenal dengan nama GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya objek wisata ini hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak wisatawan mengatakan, objek wisata Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi. Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 – 22.00, Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas sekitar 240 hektar. Lokasinya berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, kabupaten Badung. Jika datang dari Airport Ngurah Rai menuju tempat wisata GWK membutuhkan waktu 20 menit, sedangkan dari Kuta mebutuhkan waktu 30 menit. Pembangunan objek wisata GWK diprakasai oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana pada tahun 1992, pembangunan ini bertujuan menjadikan tempat wisata GWK Bali sebagai Landmark dari tempat wisata yang terkenal ke mancanegara.



Salah satu pendiri dari Yayasan Garuda Wisnu Kencana adalah I Nyoman Nuarta yang juga konseptor dan arsitek Patung Garuda Wisnu Kencana. Tinggi Patung Garuda Wisnu kencana sendiri sekitar 120 meter dengan bentang sayap garuda sekitar 60 meter yang akan menjadikannya salah satu patung tertingi di dunia dengan karya seni yang mencerminkan nilai budaya lokal Bali. Dibangun dengan perencanaan yang baik, begitu memasuki kawasan GWK kemegahan akan dirasakan seperti taman dan berbagai jenis struktur bangunan yang bernilai seni tinggi. Kawasan wisata GWK ini sangatlah luas, jadi kita bisa berjalan-jalan keliling komplek terlebih dahulu untuk melihat taman, restaurant, galeri seni serta toko cendramata, selain itu juga pada jam-jam tertentu kita bisa menonton pertunjukan seni tari dan musik khas Bali seperti tari barong, tari kecak dan lain-lain.


Setelah itu barulah kita menuju objek utama wisata ini yaitu patung Garuda dan Wisnu yang terdapat di bagian atas. Melihat patung-patung setengah jadi itupun sudah terlihat sangat megah dan tidak bisa membayangkan bagaimana nanti jika patung tersebut sudah tersusun rapi menjadi karya patung yang fenomenal di Bali bagian selatan. Pembuatan Patung ini akan dirampungkan sekitar bulan Agustus 2018 dan diharapkan akan menjadi ikon baru pariwisata di Bali. Proyek prestisius ini melibatakan 120 seniman, jika rampung patung GWK akan menjadi patung tembaga dengan teknik cor las terbesar di dunia. GWK Cultural Park sebutan untuk GWK Bali  kini juga menawarkan beranekaragam fasilitas yang ideal dan memadai untuk berbagai jenis acara seperti, acara publik, acara swasta dalam skala kecil maupun skala besar. selain itu fasilitas infrastruktur pendukung agar pengunjung betah dibangun Lotus Pond, Amphitheatre, Restoran Jendela Bali dan lain-lain.

GAMBAR SELENGKAPNYA








No comments:

Post a Comment