Menu

Saturday, August 9, 2014

Desa Penglipuran, Ikon Desa Wisata Bali

Bali menyimpan sejuta pesona keindahan, mulai dari alam, adat istiadat dan budayanya. Semua keindahan tersebuat ada dalam satu lokasi yang bernama Desa Penglipuran.


Desa Penglipuran adalah desa tradisional yang terletak di Kubu, Kabupaten Bangli. Lokasi desa ini berjarak sekitar 45 kilometer dari kota Denpasar. Desa yang terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut ini menjadi objek wisata yang sangat terkenal di Bali. Desa Penglipuran merupakan salah satu desa yang masih memegang kuat adat tradisional Bali dan belum terkena pengaruh modernisasi sehingga Pemerintah Daerah Bali menjadikannya daerah wisata.

Desa Penglipuran memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuk arsitek bangunan yang sama dan serupa dari satu ujung ke ujung yang lain desa tersebut. Datang ke desa ini, pengunjung akan disambut balai desa dan pintu gerbang khas Bali yang disebut angkul-angkul. Memasuki pintu gerbang, suasana yang asri dan udara sejuk akan mulai terasa, kiri kanan jalan ditanami rumput dan bunga, rumah warga yang berpetak-petak dengan pintu masuk yang saling berhadap-hadapan dimana pintu masuknya sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk motor masuk kedalam. Di area ini, motor tidak boleh berlalu-lalang.

Nama Penglipuran yang berarti menghibur sangat cocok untuk desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani ini, karena desa ini sangat cocok untuk wisata keluarga dimana pengunjung bisa berelaksasi dan beristirahat sambil melihat keindahan dan keunikan budaya sekitar ditambah udara segar semakin menambah keistimewaan wisata desa tersebut.





          Gambar selengkapnya :





No comments:

Post a Comment