Menu

Monday, August 11, 2014

Taman Ujung, Keindahan Ujung Timur Bali


Taman Ujung Soekasada atau yang lebih dikenal dengan Taman Ujung merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Tumbu, Karangasem. Sekitar 20 menit dari Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem dan sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar. Taman Ujung memiliki luas sekitar 10 hektar ini merupakan objek wisata air peninggalan Kerajaan Karangasem. 

Taman Ujung dibangun pada tahun 1919 melalui perintah Raja Karangasem, I Gusti Bagus Djelantik. Tempat yang sering disebut Istana Air ini awalnya berfungsi sebagai tempat jamuan tamu penting kerajaan ini memiliki arsitektur bangunan yang memadukan budaya tradisional Bali dan arsitektur Eropa. Di tempat ini terdapat 3 buah kolam dengan ditengah-tengahnya terdapat sebuah tempat peristirahatan  yang disebut Taman Gili, namun masyarakat setempat menyebutnya Istana Gantung karena bangunannya yang menggantung di atas air dan terdapat relief Ramayana dan Mahabarata. Sebuah pura bernama Pura Manikan yang memiliki sumber mata air dan kolam juga terdapat di tempat ini, tidak jauh dari pura terdapat 2 buah patung warak dan banteng yang melalui mulutnya mengeluarkan air menuju kolam. Sebagai objek wisata, Taman Ujung menyediakan penginapan bagi pengunjungnya untuk bermalam disana. 

Pemandangan sekitar Taman Ujung juga tidak kalah indahnya, sebelah timur terdapat perbukitan Bisbis, sebelah selatan pengunjung bisa menikmati keindahan birunya air laut Pantai Ujung, bagian barat adalah perumahan penduduk dan bagian utara terdapat persawahan yang hijau dengan tambahan pohon kelapa. 
Pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata yang terletak di ujung timur Pulau Bali ini akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 5.000 dan dan bagi pengunjung yang membawa SLR akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000 per kamera.




    Gambar selengkapnya :




No comments:

Post a Comment