Menu

Saturday, July 26, 2014

Alas Kedaton, Keindahan Sebuah Hutan Kera

Alas kedaton adalah sebuah hutan lindung yang ditempati oleh kumpulan kera dan sekarang menjadi objek wisata yang sangat terkenal di Bali.







Sebuah hutan yang memiliki luas kurang lebih 12 hektar ini merupakan kawasan hutan lindung yang sangat indah, hutan ini ditempati oleh ratusan kera, diperkirakan jumlahnya 400an yang jinak dan biasanya ditemukan juga kalong yang bergelantungan di pohon-pohon besar. Kera-kera yang ada di alas kedaton ini memang sudah jinak karena sudah terbiasa melihat manusia. Namun, harus diingat mereka adalah binatang liar yang mempunyai naluri jika mereka merasa dalam keadaan bahaya. Biasanya banyak pengunjung yang membawa makanan sendiri untuk diberikan kepada kera-kera tersebut seperti kacang, roti dan makanan ringan lainnya. Itu merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan bisa memberi makan kepada kera-kera yang hidup bebas di kawasan hutan lindung tersebut. 

Di objek wisata Alas Kedaton ini, juga terdapat pura suci yang bernama Pura Alas Kedaton atau Pura Dalem Kahyangan yang menurut kepercayaan masyarakat lokal memiliki kekuatan magis untuk melindungi kawasan hutan lindung dan objek wisata Alas Kedaton. Kawasan hutan lindung ini sangat cocok untuk wisata keluarga, karena mempunya pemandanga yang sangat indah dan udara yang sejuk ditambah adanya kera-kera yang menambah keramaian dan mengundang kelucuan dengan atraksi-atraksi mereka.


Lokasi
Objek wisata Alas Kedaton berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, Tabanan. Untuk mencapai objek wisata ini, diperlukan waktu sekitar 1 jam dari Denpasar. Pengunjung yang ingin memasuki objek wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000/orang




Gambar selengkapnya :




No comments:

Post a Comment