Minggu, 21 Desember 2014

Keindahan Tak Terlupakan di Gunung Batur


Berdiri dengan tinggi 1.717 meter, Gunung Batur adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung ini memiliki kaldera besar yang dianggap salah satu yang terbesar dan paling indah di dunia. Kaldera ini terbentuk setelah dua letusan besar 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Gunung hitam kering ini masih memiliki nafas dan memberikan hidup kepada masyarakat di sekitarnya.
Terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, gunung ini telah meletus sebanyak 26 kali sejak 1804. Letusan terbesar adalah pada tahun 1926 yang menyebabkan Desa Batur ditutupi oleh lava. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000, tapi untungnya itu bukanlah letusan yang besar. Jadi Desa Batur yang terletak di sebelah selatan gunung berapi yang ada sekarang adalah sebuah desa baru yang dibangun setelah letusan.

Di puncak Gunung Batur kita bisa melihat matahari terbit yang sangat indah, yang terbit dari gunung disebelahnya. Untuk mencapai puncak kita harus mendaki kira kira selama 2-3 jam. Banyak jalur yang terdapat di Gunung Batur, dari jalur wisatawan hingga jalur pecinta alam. Meskipun cukup lama untuk mencapai puncak gunung ini, tapi semua itu akan terbayarkan oleh pemandangan yang sangat indah. Sehingga kita merasa tidak ingin turun kebawah lagi.




GAMBAR SELENGKAPNYA














0 komentar:

Posting Komentar