Minggu, 21 Desember 2014

Taman Air Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah obyek wisata berupa taman air yang berlokasi di wilayah desa Ababi, kecamatan Abang, kabupaten Karangasem dan berjarak sekitar 100 km dari Denpasar. Obyek wisata ini termasuk kawasan yang sejuk karena terletak di kaki gunung Agung dan berada persis di pinggir jalan raya Amlapura menuju Singaraja dan serta menjadi tempat wisata paling ramai dikunjungi bagi warga Karangasem dan sekitarnya.

Taman air ini adalah warisan dari kerajaan Karangasem yang dibangun oleh raja Karangasem yaitu Raja I Gusti Bagus Djelantik atau lebih dikenal dengan nama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem bersamaan dengan taman air Taman Ujung yang berlokasi di desa Tumbu. Tirta Gangga merupakan komplek pertamanan air yang terdiri dari mata air, kolam renang, kolam ikan, dan terdapat menara air. Selain itu, Tirta Gangga juga merupakan perpaduan antara keluhuran nilai agama, hiburan untuk manusia dan pelestarian alam.
 
Meru tumpang solas, yang biasa terdapat di pura. Dari puncak menara ini, air mengalir dan berjatuhan melewati setiap susunan tumpangnya. Pada areal taman sebelah kanan dari pintu masuk taman ini yang lebih tinggi tanahnya merupakan sumber mata air yang terlindung dengan pohon beringin besar. Sumber mata air ini sering dijadikan air suci untuk sembahyang bagi umat Hindu dan juga menjadi sumber air minum bagi warga Karangasem. Pada bagian bawah dari sumber air tersebut terdapat 2 kolam air jernih yang salah satunya digunakan sebagai kolam renang untuk umum. Kolam renang ini berdesain masa lalu karena masih terbuat dari bahan seperti batu padas dan memiliki kedalaman yang berbeda. Pada bagian barat biasa digunakan anak-anak karena lebih dangkal, sedangkan bagian timur yang lebih dalam digunakan untuk orang dewasa. Dan kolam yang satunya merupakan kolam ikan yang luasnya sekitar 50 x 20 meter persegi. Kolam ini adalah yang paling luas di Tirta Gangga dan terdapat berbagai macam ikan hias. Selain itu, kolam ini juga dihubungkan sebuah jembatan yang terbuat dari batu padas dengan hiasan empat patung naga pada setiap sisinya. Pada bagian ujung barat taman ini terdapat sebuah bale bengong yang berukuran besar, yang biasa digunakan setiap pengunjung untuk beristirat sambil menikmati keindahan kolam-kolam air yang jernih.
Memasuki obyek wisata ini, kolam pertama yang terlihat adalah kolam ikan yang di bagian tengah kolam terdapat puluhan patung prajurit yang memegang gada. Di kolam ini terdapat juga petak-petak kecil untuk orang dapat berjalan di atas kolam tersebut. Petak-petak itu berbentuk segi enam dan saling berderet satu sama lainnya. Setelah kolam ikan, terdapat menara air yang berada di tengah taman kecil berbentuk bundar yang dikelilingi sepuluh patung prajurit yang memegang gada. Menara air ini terlihat seperti kuncup bunga teratai dan tingginya sekitar 10 meter dengan bentuk

Obyek wisata Tirta Gangga juga menyediakan fasilitas restoran yang berada di bagian paling atas atau bersebelahan dengan sumber mata air. Selain itu terdapat juga fasilitas untuk penginapan berupa cottages yang tarifnya tergolong eksklusif.

GAMBAR SELENGKAPNYA







0 komentar:

Posting Komentar